Toocool's Search Engine

17 Mei 2008

[AppleFact] Tentang Defect Hard Disk MacBook

Huehuehuehue....
mindahin Postingan lama di MWI negh...

Sis Melia menanyakan tentang defect hard disk MacBook

udul artikelnya: Apple aware some MacBooks contain flawed Seagate drives, linknya:
http://tinyurl.com/222mtc

Udah ngecek MacBook punyaku: ST9120xxxxx, Revision 3.CAE, kayaknya gak termasuk ya?! 

Ada yang kebetulan punya model ST yang disebut di artikel? Apakah memang bermasalah?

Sorry kalo sudah pernah dibahas, tolong diberi pencerahan tongue



Toocool Menjawab...

Saya bantu jawab yah mbak...

Menurut pengamatan saya...
Seagate memang banyak sekali masalah pada HD 2.5" nya...
Kalo HD 3,5" nya, memang sangat bagus Sekali Kualitasnya...
Kemungkinan besar hal ini dikarenakan Seagate adalah pemain baru di kancah HD 2,5"
Jadi Masih meraba2 kualitas terbaik untuk HD Notebook...

Saya sering menemui kasus pada HD Seagate 2,5"...
dan jeleknya kalo Seagate mati pasti langsung mati Pet tanpa ada tanda2 apapun...
Alhasil data2 didalamnya tidak bisa diselamatkan...

Seperti Saran sob Chriswan, jika anda mementingkan data anda, selalu backup lah data anda sesering mungkin....

Menurut saya, HD terbaik untuk notebook adalah Toshiba, Hitachi, atau Fujitsu...
Yang terbaik adalah Toshiba....
Produk portable Apple yang lama banyak sekali menggunakan Toshiba untuk HD nya...
Kelebihannya, Jika HD itu mau rusak, tanda2 nya adalah dia semakin melambat performanya...
Baru beberapa hari kemudian dia mati Pet...
Nahh... Disaat melambat itulah, kita bisa membackup data2 penting kita...

Jika macbook mbak memakai HD Seagate, ada baiknya memakainya dengan berhati2...
Mengingat sudah banyak sekali klien saya bermasalah dengan macbook / MBP yang ber HD Seagate...
Selalu hidupkan option "put the HD sleep when Possible" di energi saver untuk memperpanjang umur HD mbak...
Jangan sering tergoncang2 jika membawa macbook mbak...
Istirahatkan macbook mbak jika sebelah kanan trackpad (tempat si HD berada) terasa sangat panas... karena Panas juga memperpendek umur HD kita...
Masalah umur dan keawetan HD tergantung perlakuan kita sebagai pemakai...

Sekian pembahasan dari saya, mohon maap bila ada perkataan yang kurang berkenan...
Semoga bisa membantu...
Terimakasih....
caww...
smile


Akhirnnya Defect benar2 terjadi pada Macbook Mbak melia....

Belum genap 2 bulan yang lalu saya memposting tentang masalah HD di MacBook, hari ini saya benar2 mengalami masalah HD di MacBook.

Kronologisnya:
1. Saya menghapus Window$ XP via disk utility, karena BootCamp sudah expired (Tiger OS X).

2. Karena baru dapat CD Update Leopard, pengennya install ulang dari awal mulai dari Tiger-nya biar benar2 fresh, lalu update ke Leopard.

3. Re-install Tiger dengan Install Disc 1, awalnya lancar2 saja, ditinggal karena masih lama prosesnya, eh ketiduran.

4. Pas tadi pagi di layar yang muncul kembali ke proses awal lagi, yang pilih bahasa untuk instalasi, pas di next sampai "Select Destination Folder" untuk menginstall OS nya, pilihan Drivenya kosong.

5. Coba Disk Utility, tidak muncul juga Hard Disk nya. Yang ada hanya DVDRW Drive.

6. Coba Restart tanpa Install Disc, yang muncul "Folder Tanda Tanya".

7. Mencoba berkali2 menggunakan Install Disc Tiger, maupun Leopard Uptodate, ataupun Leopard Retail, tetap Destination Folder kosong, Hard Disk tidak terdeteksi.

8. Coba cara Target Disk Mode, pakei MBP sodara + Fire Wire, juga tidak terdeteksi di MBP-nya.

Setelah seharian googling ke sana ke mari, tanya ke suhu Yuza, ke teknisi salah satu distributor, belum dapat solusi yang ampuh.

The best advise I got is send it back to ASP. 

Tapi masih belum lega, karena belum tahu apakah masalah ini bisa berakhir baik gak di tangan ASP.

So, wait for the closure smile


smile



Yah... begitulah Defect pada HD Seagate MacBook...
Buwat Temen2 semua yang HD nya Seagate bersiap2lah...
Sebaiknya Gantilah HD nya pake Hitachi atau Fujitsu...
Semoga membantu...

2 komentar:

  1. **sigh** Untung MekBuk saya udah pake HD Fujitsu.

    BalasHapus
  2. Saya baru mengalami HD saya mampus setelah 1,5 th pakai. Tanpa tanda apa2, tau2 mampus, ketika dinyalakan lagi cuma layr putih dan folder tanda tanya.Setelah kejadian baru tahu kalo macbook banyak cacatnya, baca2 di appledeffect.com

    Fortunately saya lagi di singapura, jadi walaupun out of warranty saya masi bisa otot-ototan sama costumer relationnya. Lumayan memakan waktu dan tenaga. At the end they agree to give me the new same HD (kapasitas 80GB tapi merek selain seagate!) for free, as i asked. Saya perlu bayar labour fee 100 sgd dan merelakan old HD dgn data2 di dlmnya kembali ke tangan apple.

    BalasHapus