Toocool's Search Engine

01 November 2008

[Vespa Tips n Tricks] Tentang Mika Spidometer dan Mika lampu2


Diambil Dari MWI


Tips untuk kaca spidometer yang retak2...
Monggo dioleskan Oli secara merata...
biarkan hingga meresap, ulangi sampai Retak2 Kaca Spido berkurang... smile
Setelah itu jangan keseringan dijemur yah Pespanyagh... tongue lol

NB: Bisa juga diaplikasikan untuk Mika2 lampu yang retak2...

Semoga membantu...
smile
smile
smile


[Vespa Facts] Tentang Onderdil Vespa


Soal Sparepart Vespa, Sepengetahuan saya ada beberapa toko di Jokja yang lumayan kumplit...
1. Toko Ong
Di Jl. Magelang deket Jokja-Jokja (Borobudur Plaza)
Terkenal sejak jaman Baheula... Banyak Stock Onderdil Pespa2 Tua... cool
2.Yudha Motor
Di Jl. Malioboro deket Pasar Beringharjo
Dealer Resmi Vespa Sejak Jaman Baheula jugak...
Barang2 Orisinil banyak disini...
Malah dulu saya pernah dapet Baut Karbutaor Excell Orisinil yang kunci L cool
Padahal udah ngubek2 Otista sama KebonJeruk 3 gak ada yang punya... lol
Dia jugak punya Baut dan Mur Blok Mesin Orisinil yang sangat susah dicari... hhm 
Dulu Pernah Terkenal dengan Injekan Jawa nya untuk boncenger... bikinan Yudha Motor... cool
4. Nusantara Motor
Di Jokteng deket Alkid...
Lumayan Kumplit soal Onderdil Orisinilnya...
Harga hampir sama dengan Otista... smile
5. Sidodadi
Di Jl. Solo deket Quality Hotel...
Kumplit plit plit mulai dari yang Orisinil sampek yang Orasinil... tongue lol
Antrinya puanjang buanget... Harganya Mirip2 Kebon Jeruk 3... cool
6. Happy Motor 
Di deket THR...
Kumplit juga namun harganya lebih mahal sedikit...
7. Toko Onderdil di RingRoad Utara deket Paingan (Casa Grande)...
Saya lupa nama Tokonya tapi kebanyakan barang2 lokal nya...

Sedikit saran lagi untuk Masalah Onderdil...
Menurut pengamatan saya, ada beberapa Onderdil yang Wajib menggunakan Orisinil Baik Ricambi Italy atau minimal Danmotor...
1. Kampas Kopling
Kampas kopling sebisa mungkin dibelikan yang orisinil...
Kampas Kompling yang lokal kemaren lihat pas belanja onderdil platnya tipis buanget... hhm
Besi mahal kali yak sekarang... neutral lol
2. Kampas Rem
Penting menggunakan Orisinil untuk melindungi Nyawa kita... cool
3. Velg
Sebisa mungkin menggunakan yang Orisinil Danmotor...
Kemaren nanya di Otista, Orisinil 80 rb, Lokal 70 rb...
Lebih murah 10 rb tapi pernah dulu kena lobang langsung penyok... hhm
Saya Pribadi Ndak pernah mau pakek Velg Almunium...
Dulu Pernah ada temen pakek Velg Almu, Kena lobang bukannya Penyok, Tapi langsung Meledak tuh ban.... Velg nya Pecah... neutral huek
Sejak kejadian itu saya pribadi paling anti pakek Velg Almu di Vespa... hhm
4. Ban dan Ban dalam
Ban kalo bisa cari yang Tubeless mas...
untuk harian yang harganya masih terjangkau, bisa cari IRC 110/80-10...
Sejauh yang saya coba dengan Velg lebar keduanya, Max ban yang ndak mentok sama rumah kopling berukuran 110/90-10
Saya pakek 120/80 IRC harus diganjel ring biar ndak nyerot rumah kopling... smile
Ban Tubeless memiliki karakter karet yang lebih kuat dan awet... paku2 jarang bisa menembusnya... cool
Untuk Ban dalam nya kalo bisa pakek yang IRC jugak...
Dulu pernah pakek Mizzle sama Swallow sering bocor di Pentilnya... sad

[Vespa Tips n Tricks] Untuk yang Suka Tarik-Tarikan Vespa


Sedikit saran untuk sob2 semua yang suka tarik2an pake Pespa... wink smile
Kalo Vespanya yang udah pake oli samping, monggo ditambahkan campur di tangki bensin oli nya... 
Soale dari dulu ndak pernah nemu settingan di pompa olinya... 
Mesin jadi lebih berasap, tapi kalo ditarikin jadi ndak pernah ngancing...
Kampas Rem depan belakang diganti pake yang Nifo (Ricambi italy)...
Kampasnya Warnanya ijo, kalo jaman dulu ada garis2nya... yang sekarang ijo polos...
Teromol kalo ndak orisinil cepet kemakan, kalo orisinil agak lama kemakannya (± 2 tahunan)...
Ingat Kawan... Harga Kampas Rem dan Teromol Tidak Semahal Nyawa Kita wink cool
Puli Gas diganti pake puli persneling... 
Jadi ndak perlu pasang Gas Spontan yang merusak tampilan Setang si Semok... smile
Menggunakan Spoiler bawah Sito Racing (maap bukan promosi-karena blom pernah nemu yang lebih bagus dari bikinannya mbah Sito) cool
Spoiler bawah sangat penting kegunaannya di Vespa...
Karena bentuk vespa melengkung dibawah, alhasil jika kita dalam kecepatan >100 KM/jam Vespa kita akan mentul2...
Dengan Spoiler ini membantu menyempurnakan aerodinamika pada Vespa kita... cool
Di pasaran banyak yang jual replika nya... tapi bahannya seng... hhm huek
Dulu saya pernah pakek yang seng ituh... BabyBlue lari ± 80 KM/jam ajah udah pada lepas tuh patri2an nyah... lol lol
Pake punya Sito Puji Tuhan udah 5 tahun ini buat geber2an di jalan aman sentosa dan ndak melayang lari vespanya... cool
Velg dimodif pake yang lebar semua...
Sudah terbukti ±10 tahun ini saya modif Velg pakek yang lebar semua cengkraman ban lebih maknyuzz dan ngga melintir kalo kena lobang... cool
Untuk Ban nya mending pakek IRC racing... Sudah terbukti puluhan tahun mengabdi pada Aspal Indonesia... cool
Pernah dulu pakek ban Battlax, Di Sirkuit memang enak banget... begitu dibawa harian dan hujan, licin banget... neutral sad
Kalo untuk ban Racing untuk harian saya pribadi lebih memilih Dunlop atau Pirelli... Uenak tenan cengkramannya... cool
Busi Pakek Busi Mobil
Ini sebenernya Ilmu Turun Temurun dari Simbah dulu...
Vespa paling Awet pakek Busi Bosch punya mobil...
Memang sudah terbukti di semua Pespa2 di keluarga besar saya...
Pake busi Vespa biasa (NGK / Denso) paling 3-6 bulan ganti...
Apalagi kalo pengapiannya gak bener... tambah cepet lagi gantinya... hhm
Pakek Busi Bosch yang Platinum udah 3 Tahunan ini blom pernah ganti
Stut Kopling Pakek yang Racing (Gabung sama Gobangan dan Ada Laher nya)
Terbukti buatan brilian karya anak bangsa...
Tarikan lebih responsif dan jarang rusak.... cool

Kira2 sekian dulu sedikit pembahasan tentang Vespa dari saya...
Kalo ada kesalahan mohon dikoreksi... kalo ada kekurangan mohon ditambahkan...
Semoga membantu...
smile
smile
smile