Toocool's Search Engine

11 Februari 2008

[Apple Tips n Tricks][INFO} Instalasi OS X pada Mac Yang Belum support OS X

Thread di MWI : http://www.mac.web.id/group/viewtopic.php?id=4339

Hualoww classic mania.... smile smile smile

Sudah lama Sub Forum ini ada, tapi saya belum pernah mampir ke sini...

Iseng-iseng saya membuat thread ini...
Karena banyak sobat2 saya pemakai mac classic yang mem-pensiunkan mac nya karena sudah tidak bisa mendukung program2 baru lagi...

Saya juga mengalami dilema waktu PB G3 dan Powermac G3 266 Beige saya tidak terpakai lagi...
Sungguh2 sangat disayangkan... Mac yang dahulu dibeli dengan harga yang sangat Mahal (Pada Jaman itu), dan menjadi guru mac terbaik saya, Sekarang Hanya teronggok di pojok ruangan...
Diam... membisu...
Menatap iri pada penerusnya PM G4 Dengan Monitor Besar dan OS X Terbaru...
Sangat Memilukan...

Karena Niat yang besar untuk berbakti pada sang PM G3,dan Setelah mendapat Ijin dari Ayahanda tercinta, Akhirnya saya memboyongnya ke Jokja Komplit dengan Monitor dan Scanner nya...
Bagasi Pesawat sampai Overload 50 KG, lebih mahal dari harga pasar PM G3 itu sekarang...
Kenangan Memang sangat mahal harganya...

Atas Saran Pakde Wisnu, PM G3 dan sebelumnya bisa diinstal OS X...
Sungguh Kabar yang sangat Menggembirakan...
Program yang digunakan untuk memodifikasi Kernel PM G3 adalah XPostFacto
Saya Langsung Mecobanya Di PM G3 Beige....

Kira2 Berikut ini cara Instalasi nya
1. Download XPostFacto...
Saya Menggunakan XPosFacto 4.0
2. Pastikan Anda Memiliki minimal OS 9.0
Lebih Baru, lebih Baik....
3. Siapkan Partisi Kosong atau Hardisk lain Untuk OS X, Minimal 20 GB untuk kenyamanan Penggunaan.
4. Ekstrak File Hasil Download pada Mac OS 9 anda....
5. Masukkan CD/DVD Mac OS X...
6. Pilih Konfigurasi Booting  dengan DVD...
7. Pilih Partisi System 9 anda sebagai Helper Disk
Hal ini sangatlah perlu jika mengalami kerusakan dengan OS X anda agar bisa kembali boot ke System 9...
8. Sesuaikan Settingan Hardware anda dengan memilih yang sesuai...
Saya hanya menambahkan pilihan pada Option VGA dengan ATY GART...
9. Klik Tombol Restart
10. Jika Mengalami kegagalan Instalasi, rubah lah setting Konfigurasi Hardware anda...
Saat Pertama Kali Mencoba, saya sampai mengulang instalasi kurang lebih 8 kali...
Jadi, Jangan mudah Menyerah... tongue smile

Jika Instalasi Tidak Berhasil juga pada mac anda, 
1. Pindahkan HD yang akan diinstall OS X ke Powermac atau Portable mac lain yang support OS X (bisa juga lewat External Firewire)
2. Install OS X berikut semua program2 lain yang diperlukan, 
3. Pindahkan Kembali pada mac classic anda, 
4. Booting System 9 
5. Jalankan XPost Facto, pilih Booting pada Partisi/HD yang sudah Terinstal OS X (Jangan Lupa memilih Helper DIsk)
6. Konfigurasi Patch Hardware anda...
7. Restart Mac...

Apabila mengalami kegagalan Booting OS X, baik itu hang, Kernel Panic, maupun yang lain,
Restart mac anda dengan menekan tombol ALT [OPTION] untuk kembali ke System 9.
Rubah Konfigurasi Hardware anda, dan jangan takut untuk terus mencoba....
Reset Cache bila sudah terlalu sering mencobanya.... tongue smile

Menurut Percobaan yang saya lakukan, proses booting tampil monitor menjadi agak lama (Hampir 1 menit)...
Kemungkinan dikarenakan ada perubahan pada EFI (Open Firmware) dan kernel OS nya...

Untuk Kompabilitas Mac dan Hardware yang mendukung program XPost Facto, Monggo sobat-sobat semua menuju ke Link ini
Jangan Takut untuk mencoba mac atau hardware yang tidak terdaftar di link tersebut, dan menginstal tiger pada Spek mac yang tidak mensupportnya pada link tersebut...

Hasil Percobaan saya bisa dilihat di Thread ini

Akhir kata, Selamat mencoba di mac classic masing-masing dan semoga berhasil...
Apabila ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati anda, saya mohon maaf...
Semoga dapat berguna bagi teman teman semua di sini...
Terima kasih Banyak....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar